Jumat, September 21, 2007

Taman Nasional Komodo

by Marthen Welly

Taman Nasional Komodo selain terkenal dengan hewan purba-endemik Komodo (Varanus komodoensis), juga memiliki keanekaragaman hayati laut yang tinggi. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh The Nature Conservancy (TNC), terdapat lebih dari 385 jenis karang penyusun terumbu, 1000 jenis ikan karang, 70 jenis sponge, 18 jenis paus dan lumba-lumba, pari-manta, dan penyu.

Disisi lain, hewan darat yang banyak dijumpai di TN Komodo yaitu rusa timor, burung gosong, burung kakak tua jambul kuning, kerbau liar, dan babi hutan. Karena keunikannya, sejak tahun 1991, TN Komodo dicanangkan sebagai Cagar Alam Warisan Dunia (World Heritage Site) oleh UNESCO.

Curah hujan yang sedikit, menjadikan TN Komodo sangat khas dengan padang savana dan bukit-bukit cadas berwarna coklat. Sangat kontras dengan kondisi perairannya yang jernih berwarna hijau kebiruan. Pemandangan menakjubkan ini merupakan surga bagi para wisatawan, photographer dan film-maker yang berkunjung kesana untuk menikmatinya dan berburu gambar-gambar eksotik selain komodo dan terumbu karang.

Terdapat tiga pulau utama di TN Komodo yaitu pulau Komodo, Rinca dan Padar selain puluhan pulau kecil disekitarnya. TN Komodo memiliki luas total 180.000 hektar, terdiri dari 60.000 hektar luas daratan dan 120.000 hektar luas perairan. Kurang lebih 3000 penduduk tinggal di empat desa yang terdapat didalam TN Komodo. Penduduk yang mayoritas berasal dari etnik bajo, bima, dan bugis tersebar di kampung Komodo, Rinca, Papagaran dan Kerora.

Bagi para pecinta dunia bawah laut, terdapat lebih dari 100 dive-site di TN Komodo, mulai dari yang berarus-tenang hingga yang berarus sangat kencang. Pantai merah di pulau Komodo yang biasa disebut dengan pink-beach oleh para turis mancanegara merupakan salah satu tempat terbaik untuk melakukan snorkeling dan penyelaman. Beberapa site penyelaman yang layak dicoba oleh para penyelam dengan kemahiran advance seperti batu bolong, karang makasar, gili lawa laut, gili lawa darat, crystal-rock, tatawa kecil, pulau indihang, padar, loh-sera dan batu tiga.

Saat ini Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) sedang berproses menuju pengelolaan Taman Nasional secara kolaborasi dan mandiri secara pendanaan. PT. Putri Naga Komodo (PNK) merupakan mitra utama BTNK untuk menjalankan proses tersebut. Pendanaan secara mandiri dilakukan dengan mengelola dana sumbangan konservasi (conservation fund) yang dipungut dari setiap pengunjung dan sepenuhnya digunakan kembali untuk pengelolaan TN Komodo, termasuk upaya-upaya konservasi, kegiatan pariwisata alam, dan pemberdayaan masyarakat. Saat ini setiap tahunnya rata-rata 20.000 wisatawan datang berkunjung ke TN Komodo

fotografer : Marthen Welly/TNC
sumber : www.indonesiareef.com

Tidak ada komentar: